Tulisan Terkini

Twitter

Al Kaafii Foundation

Awan Cumulonimbus, awan pembawa hujan atau badai disinggung dalam Al Qur'an An Nuur 43 kabarislamia.blogspo… pic.twitter.com/eEjp…

KH Dr Ali Sibromalisi, MA, Mengelola BMT dengan Cakap dan Amanah

KH Ali Sibromalisi Wira Usaha

Kamis, 12 Juni 2014 09:38 WIB

KH Ali Sibromalisi merasa bersyukur karena dipercaya sebagai mentor di BSI (Bina Sarana Informatika). BSI mempunyai puluhan lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini tidak lepas dari kiprah beliau yang dikenl sebagai professional keuangan mikro yang cakap dan amanah.

Masyarakat se-Kecamatan Jatinegara, yang terhimpun dalam Majelis Silaturahmi Shalat Subuh Gabungan, pasti tahu sosok KH Dr Drs Ali Sibromalisi MA. Ia sebagai penasehat dan ketua pengurus sebuah lembaga keuangan mikro syariah, BMT Bersama Kita Berkah (BKB), yang memiliki nasabah lebih dari 9000 orang. Para nasabah sebagian adalah para wirausahawan mikro yang dibantu dalam hal pinjaman permodalan melalui skim syariah.

Amanah

BMT BKB dikelola dengan cakap dan amanah, ini adalah nilai dasar yang menjadi visi dan misi BMT BKB. Selain itu, kehadiran BMT BKB adalah dalam rangka mensyiarkan sistem ekonomi Islam, mengembangkan pembinaan dan pemberdayaan bagi usaha mikro, memiliki sumber daya insan yang professional dan bertaqwa, serta mensejahterakan stake holder, menumbuh kembangkan kesadaran berzakat dan mengelola zakat untuk pemberdayaan ekonomi fakir miskin.

Menurut KH Ali, BMT BKB merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang menjadi bagian dari aktivitas dakwah yang menjadi gerakan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi umat.

“Umat Islam mesti kaya”, ujarnya. Karena itu, jangan sampai kemiskinan menjerumuskan pada kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan. Salah satu alternative untuk mengurangi kemiskinan adalah dengan cara berbisnis.

NPL Rendah

BMT BKB siap menjadi mitra bagi para wirausahawan mikro yang ingin mengembangkan bisnisnya. Meski banyak anggapan bahwa memberikan pinjaman kepada pewirausaha mikro perlu hati-hati karena takut kredit macet, namun KH Ali yakin masyarakat justru takut jika tidak dapat mengembalikan pinjamannya.

Hal ini terbukti bahwa NPL (non performing loan) di BMT BKB sangat rendah. Menurutnya, pihak manajemen BMT BKB sangat tegas menerapkan standar risiko yang tegas dengan menjadikan role model bagi setiap pimpinan di BMT BKB sebagai teladan dalam bertindak.

“Para pimpinan dan staf hotel harus menjadi ‘role model’ supaya bisa diteladani oleh para nasabah BMT BKB, dan berharap masyarakat yang menjalankan bisnis juga turut sukses “ cetusnya.

pedagang kaki lima, UMKM, Entrepreneur

Bermanfaat

Bagi Dion, penjual gado-gado di Pasar Tebet, Jakarta Selatan ini mengungkapkan bahwa kehadiran BMT BKB sangat membantunya. Ia pertama kali meminjam modal dari BMT BKB untuk membeli gerobak.

Uangkapan serupa juga dilakukan oleh Rian Alfriadi, wirausahawan penjual donat di Kebon Nanas, Jakarta Timur.Usaha donat yang dirintisnya sejak 2006, yang dititip jual ke warung-warung, memperoleh hasil yang cukup lumayan sehingga bisa membeli rumah di Kebon Nanas. Tahun 2008-2009, usahanya hampir bangkrut karena sudah banyak para penjual donat; sampai kemudian, dia membaca brosur BMT BKB dan memperoleh penjelasan untuk terus semangat berusaha dan memperoleh modal tambahan dari BMT BKB.

“Wah… senangnya. Alhamdulillah, bisa ikut ngaji dan pembinaan usaha di BMT BKB setiap bulan. Usaha saya mulai berkembang,” ujarnya.

Bagi Ahmad Bajuri, pedagang emperan di Pasar Kaget, Jatinegara ini yang menjual ayam potong ini juga memberikan komentar positif atas kehadiran BMT BKB.Laju usahanya Penjual ayam potong ini berjualan di emperan Pasar Kaget. Lalu, karena maju, usahanya berkembang di Pasar Jatinegara. Ia mulai berdagang jam tiga pagi sampai jam enam pagi, lalu dia berjualan ayam potong di Pasar Kam dari jam 6 pagi sampai jam 11 siang.

“Berkat modal usaha dari BMT BKB, saya dapat mengembangkan usaha ke Pasar Jatinegara. Mudah-mudahan, usaha jual ayam ini terus berkembang dan saya punya lapak sendiri, tentunya kalau BMT BKB terus membantu saya,” cetusnya.

Bagi Herlina, yang berjualan Soto Mie Pasar Kaget, Kebon Nanas, Jakarta Timur, ia sudah dua kali mendapatkan modal kerja dari BMT BKB. Ia sudah puluhan tahun menekuni usaha dagang soto mie, dan sudah memberikan penghidupan yang sangat berarti. Dua orang anaknya sudah mentas dan menikah. Kini, ia tinggal berdua dengan suaminya, sembari berjualan soto mie. Dari hasil usahanya ia dapat menyambung hidup, jika ada kelebihan, ibu ini menabungnya ke BMT BKB.

“Saya merasa senang mendapatkan pembiayaan modal kerja dari BMT BKB. Saya bersyukur, mudah-mudahan BMT BKB terus bersama kami para pedagang di Pasar Kam,” cetusnya

http://profil-sukses.wirausahanews.com/20140612/794-kh-dr-drs-ali-sibromalisi-ma-mengelola-bmt-dengan-cakap-dan-amanah.html

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Kontak Kami Download Lokasi Yayasan Al Kaafii Indonesia

Jl. Pedati raya Rt.0013/10 no. 109 Bidaracina Jatinegara

Jakarta Timur 13330.

Telp. 021-85902607 - Fax, 021- 29821968.

Email. BMTBKB@ymail.com / kaafii@kaafii-indonesia.or.id

Proposal Pemberdayaan Fakir Miskin

Proposal Pemberdayaan Fakir Miskin Al Kaafii Foundation

Program Pemberdayaan fakir miskin melalui Pembiayaan Kebajikan dan Pengembangan SDM Anak Yatim melalui Pendidikan Gratis sampai Perguruan Tinggi Selengkapnya…

Copyright © 2017 Yayasan Al Kaafii Foundation Indonesia - All Rights Reserved
Powered by WordPress & Atahualpa