Tulisan Terkini

Twitter

Al Kaafii Foundation

Awan Cumulonimbus, awan pembawa hujan atau badai disinggung dalam Al Qur'an An Nuur 43 kabarislamia.blogspo… pic.twitter.com/eEjp…

PROPOSAL Pemberdayaan Fakir Miskin Al Kaafii Foundation

Al Kaafii Foundation

PROPOSAL Pemberdayaan Fakir Miskin

(Program Pemberdayaan fakir miskin melalui Pembiayaan Kebajikan dan Pengembangan SDM  Anak Yatim melalui Pendidikan Gratis sampai Perguruan Tinggi )

 Proposal Pemberdayaan Fakir Miskin

 Anda bisa download proposal dalam bentuk .doc di sini:

https://drive.google.com/file/d/0B_iSlLgDabuiX3hjQUx0N2kzcUE/view?usp=sharing

Poposal fakir miskin yayasan al kaafi.pdf

DIMENSI URAIAN
 NAMA PROGRAM  PEMBERDAYAAN FAKIR MISKIN DAN PENGEMBANGAN SDM ANAK YATIM
LATAR BELAKANG “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”(QS. At Taubah:103).Zakat adalah rukun Islam ketiga setelah Syahadat dan Shalat. Sehingga Zakat merupakan pokok agama yang sangat penting dan strategis dalam Islam. Jika Shalat berfungsi untuk membentuk keshalehan Muslim dari sisi pribadi, maka Zakat berfungsi membentuk keshalehan Muslim dari sisi sosial. Pembentukan Muslim yang memiliki tingkat keshalehan pribadi dan keshalehan sosial inilah salah satu dari tujuan diturunkannya Risalah Islam kepada Manusia.

 

Pengetahuan, kesadaran dan pengamalan terhadap perintah Shalat sudah cukup merata dikalangan umat Islam di Indonesia, tetapi tidak begitu dengan perintah Zakat. Padahal Shalat dan Zakat adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Al Qur’an menyebutkan ayat yang berbarengan antara perintah Shalat dan Zakat dalam 7 (tujuh) ayat. Bahkan Abu Bakar ra dalam suatu pidatonya mengungkapkan : “Demi Allah, Saya akan memerangi orang yang memisahkan antara Shalat dan Zakat, karena Zakat adalah kewajiban atas harta” (HR.Jamaah).

 

Secara Eksplisit ternyata ayat tersebut di atas juga memberikan tuntunan bahwa seharusnya ada sebuah badan Amilin Zakat yang proaktif menarik Zakat kepada para Muzaki (para wajib zakat) untuk dikelola dan didistribusikan kepada para Mustahik (yang berhak menerima zakat). Agar fungsi Zakat sebagai bagian terpenting dari sistem perekonomian Islam dapat mencapai sasaran yang lebih optimal.

Berdasarkan pemikiran inilah, Baitul Maal BMT Bersama Kita Berkah membentuk kepanitiaan Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf  (ZISWAF) untuk menjembatani antara Muzaki dan Mustahik tersebut di atas.

 

Al Kaafii Foundation melalui BMT Bersama Kita Berkah telah menjalankan program pemberdayaan ekonomi umat fakir miskin melalui pengarahan, pembinaan, motivasi serta bantuan permodalan kebajikan yaitu modal tanpa bunga  (Qardhul Hasan) bagi kaum dhuafa dan membuat pesantren yatim piatu untuk disekolahkan sampai perguruan tinggi dan santunan untuk yatim piatu lainnya. Dalam kedudukan ini Baitul Maal BMT Bersama Kita Berkah   bertindak sebagai mediator  untuk mendapatkan sumber dana seperti permodalan yang diperoleh dari Muzaki berupa Zakat, Infaq, Shadaqah, Waqaf,  serta dana Hibah atau dana sosial lainnya.

 

TUJUAN
  1. Membina fakir miskin menjadi entrepreneur
  2. Meningkatkan pendapatan fakir miskin
  3. Mengurangi kemiskinan
  4. Meningkat sumber daya manusia anak yatim dengan menjadikannya sarjana

 

 

SASARAN
  1. Pemetik manfaat adalah fakir miskin sekitar Tebet (Jakarta Selatan) dan Kampung Melayu, Jatinegara dan daerah Klender
  2. Fakir miskin dengan penghasilan berkisar 000 – 50.000,-
  3. Anak anak yatim sekitar Tebet, Pangedegan, Bukit Duri dan Lenteng Agung (Jakarta Selatan)  dan Kampung Melayu, Jatinegara dan Klender (Jakarta Timur)

 

SISTEM
  1. Sistem pembiayaan menggunakan akad kebajikan atau Qordhul Hasan yaitu pembiayaan tanpa margin
  2. Dana yang diberikan melalui pembiayaan bergulir, pokok diangsur sampai lunas dan diberikan lagi untuk penguatan
  3. Setelah kuat, maka untyuk pengembangan BMT BKB memberikan pembiayaan komersil dengan margin yang disepakati
  4. Angsuran pokok yang diambil dari dana zakat, akan diberikan ke fakir miskin lainnya dan seterus sehingga memberikan manfaat kepada banyak fakir miskin
  5. Terlebih dahulu ada proses seleksi dan pembinaan
  6. Anak yatim diasramakan atau dipesantrenkan dan disekolahkan sampai sarjana

 

PEMBINAAN
  1. BMT BKB melakukan pembinaan usaha dan pengajian anggota fakir miskin yang dibiaya dua minggu sekali
  2. BMT BKB melakukan pendampingan, monitoring ke anggota fakir miskin satu minggu sekali ke lokasi usaha mereka
  3. Anggota fakir miskin yang dibiayai diwajibkan untuk menabung di BMT BKB
  4. anak yatim dipondok diajarkan agama, menghapal Al Quran kursus bahasa inggris dan pelajaran lainnya

 

PROSES PEMILIHAN CALON FAKIR MISKIN YANG DIBIAYAAI Pemilihan calon pemetik manfaat menjadi bagian yang sangat penting dalam pengamanan dana program.Proses standar yang dilakukan BMT BKB dalam penentuan calon sasaran adalah sebagai berikut :

 

  1. Studi Kelayakan Anggota (SKO) : Merupakan proses seleksi awal apakah calon sasaran memiliki persyaratan mengikuti program. SKO juga menjadi alat identifkasi potensi calon pemetik manfaat.
  2. Pengisian Surat Pengajuan Pembiayaan,  Setiap individu akan mengisi surat pengajuan usaha. Pengisian SPP ini akan didampingi oleh pendamping dalam hal pembuatan cash flow, analisa usaha, perhitungan usaha dll.
  3. Survei: dilakukan oleh Manager Program atau orang yang ditunjuk oleh manager  program.  Survei ini untuk melihat kelayakan dan kesiapan individu untuk mendapatkan pembiayaan atau belum.
  4. Rapat komite: adalah untuk menentukan apakah individu ini layak diberikan pembiayaan atau belum, berapan nominal yang pantas untuk diberikan dsb. Rapat komite ini dihadiri oleh pendamping, manager program, bagian keuangan dan direktur
  5. Akad : akad perjanjian dengan individu yang telah disetujui dilakukan dikantor BMT BKB

 

Proses ini semata-mata untuk sarana pembelajaran agar calon pemetik manfaat sadar bahwa mereka sedang bergabung dengan sebuah program yang terkordinasi.

 

PERTEMUAN ANGGOTA Pertemuan anggota, Wajib dilakukan sekurang-kurangnya 2 minggu sekali.  Hal ini akan memudahkan control terhadap   perkembangan usaha anggota dan angsuran pokok pembiayaan
ALUR / TAHAPAN PEMBIAYAAN
TAHAPAN KETERANGAN
  1. PROSES PENGAJUAN
Tahap  1
  • Pengajuan anggota penyaluran revolving fund dengan akad qordhul hasan dari anggota melalui pendamping dengan mengisi SPP dan SKO terlebih dahulu
  • SPP diserahkan oleh anggota kepada pendamping paling lambat 2 hari sebelum rapat komite
Tahap  2
  • SPP SKO anggota dibahas malalui rapat Komite yang terdiri dari : pendamping, manager program, bagian keuangan dan direktur
  • SPP SKO yang disetujui Komite diajukan ke bagian administerasi untuk diketik akad
Tahap 3
  • SPP SKIM yang disetujui anggota atau pun yang ditolak, diberitahukan oleh pendamping kepada mitra bahwa pengajuannya telah disetujui
  • Pendamping memberitahukan kepada mitra tanggal akad
Tahap 4
  • Pengakad-an dilakukan dikantor BMT BKB antara anggota dengan manager program
  • Pencairan SPP anggota oleh Keuangan langsung ke anggota di kantor BMT BKB
  1. PROSES ANGSURAN
Tahap 1 
  • Anggota menyetor angsuran kepada pendamping per minggu dengan mengisi slip setoran rangkap 3 (arsip anggota, pendamping dan Bag.Keuangan)
  • Tabungan anggota disetor ke pendamping
Tahap 2
  • Pendamping menyetor angsuran POKOK dan tabungan ke teller ( Bagian Keuangan ) siang hari jam 14.00
Tahap 3
  • Bagian keuangan memasukkan data anggota kedalam sistem komputerisasi dan pengarsipan
DANA YANG DIBUTUHKAN
  • Program ini pemberdayaan fakir miskin mengikuti perkembangan dana yang terkumpul
  • Untuk sekarang ini,Pengembangan SDM anak yatim dibutuhkan dana 336.000.000 pertahun untuk 30 anak

 

Rekening
  • Nama Bank : PT. Bank Syariah Mandiri Capem Kuningan
  • : 7020528227
  • Atas nama :  BMT Bersama Kita Berkah

 

Penutup Program yang dilakukan oleh BMT BKB menganut prinsip bahwa dana yang digulirkan dalam komunitas sasaran akan menjadi asset produktif sasaran mereka, hingga kemandiriaan tercapai. Semoga program ini bermanfaat bagi semua pihak. 
PENANGGUNGJAWABPROGRAM Program ini disetujui oleh; 

 

 

Drs. Sulaeman Hayyun                     KH. DR. Ali Sibromalisi, MA

Sekretaris                                           Ketua Pengurus

 

Jl. Pedati raya Rt.0013/10 no. 109 Bidaracina Jatinegara

Jakarta Timur 13330.

Telp. 021-85902607 – Fax, 021- 29821968.

Email. BMTBKB@ymail.com / kaafii@kaafii-indonesia.or.id

Catatan:

Kami telah bertahun-tahun menyelenggarakan kegiatan pendidikan, santunan anak yatim, bea siswa, santunan fakir miskin, serta sunatan massal. Anda bisa melihat kegiatan dan foto-fotonya di website kami:

http://kaafii-indonesia.or.id/layanan

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

Kontak Kami Download Lokasi Yayasan Al Kaafii Indonesia

Jl. Pedati raya Rt.0013/10 no. 109 Bidaracina Jatinegara

Jakarta Timur 13330.

Telp. 021-85902607 - Fax, 021- 29821968.

Email. BMTBKB@ymail.com / kaafii@kaafii-indonesia.or.id

Proposal Pemberdayaan Fakir Miskin

Proposal Pemberdayaan Fakir Miskin Al Kaafii Foundation

Program Pemberdayaan fakir miskin melalui Pembiayaan Kebajikan dan Pengembangan SDM Anak Yatim melalui Pendidikan Gratis sampai Perguruan Tinggi Selengkapnya…

Copyright © 2017 Yayasan Al Kaafii Foundation Indonesia - All Rights Reserved
Powered by WordPress & Atahualpa